class="tr_bq"> class="tr_bq"> Mengisi Bahan Bakar Bagi Tubuh Adalah Hal yang Sangat Penting | Anak Gapteg

Pages

Rabu, 10 Oktober 2012

Mengisi Bahan Bakar Bagi Tubuh Adalah Hal yang Sangat Penting


Kata 'sarapan' mungkin terdengar sepele dan tidak begitu penting bagi Anda. Namun ternyata kata yang sederhana tersebut sangat vital artinya bagi tubuh kita, terutama bagi Anda yang dituntut untuk bekerja seharian. Seringkali kita mengabaikan sarapan dengan alasan kurangnya waktu, padatnya aktivitas atau bosan dengan menu sarapan yang monoton. Padahal sarapan bukan sekedar untuk mengganjal perut, tetapi juga memberikan energi agar otak bekerja lebih optimal, dapat beraktivitas dengan baik dan tidak cepat mengantuk. Hal inilah mengapa alasan pentingnya sarapan bagi kesehatan tubuh kita.

Mengisi bahan bakar bagi tubuh adalah hal yang sangat penting, betapapun sibuknya Anda. Makanan yang Anda santap saat sarapan akan menjadi bahan bakar dan memberi kekuatan bagi tubuh untuk melakukan segala kegiatan sepanjang hari. Waktu ideal untuk sarapan adalah 8-10 jam setelah makan malam terakhir. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya, antara lain :
  • Membuat tubuh tidak cepat lelah dalam beraktivitas.
  • Sarapan dengan makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan rendah lemak akan menjadikan otak lebih waspada dan berpikir lebih cepat.
  • Dapat memperkuat daya ingat serta konsentrasi, terutama bagi anak-anak usia sekolah.
  • Mencegah penyakit maag. Dengan sarapan, lambung akan terisi makanan yang akan menetralisir asam lambung penyebab penyakit maag.
  • Menghindari makan tak terkontrol. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan dapat menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih dan mampu mengontrol jam makan sehingga tidak banyak mengemil snack yang mengakibatkan tubuh melar.
  • Membuat tubuh lebih langsing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi.
Jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk sarapan pagi, mungkin tips-tips berikut dapat membantu :
  • Coba untuk mempersiapkan sarapan pada malam sebelumnya, sehingga Anda tinggal langsung memasaknya pada pagi hari.
  • Jika tidak ingin repot masak malam hari, Anda dapat menikmati hidangan yang dinikmati pada malam hari sebagai sarapan pada keesokan pagi. Yang Anda perlu lakukan hanya menghangatkannya saja.
  • Bangun lebih pagi akan memberi kesempatan untuk mempersiapkan sarapan sehingga tidak terburu-buru dan Anda dapat menikmati sarapan tersebut.
  • Buatlah sarapan yang seringkas mungkin, jika waktu Anda sempit maka sarapan tersebut akan mudah dibawa dalam kotak makan untuk disantap di tempat kerja atau di perjalanan.
  • Sarapan berupa cereal yang dicampur dengan segelas susu segar merupakan salah satu pemecahan masalah untuk menghemat waktu Anda di meja makan. Energi dari sereal dan segelas susu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi Anda sampai waktu makan siang.
Dari artikel ini, mungkin ada diantara Anda yang baru menyadari betapa banyaknya manfaat yang didapat dari hal yang sepertinya sepele, yaitu sarapan. Jadi, jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah sarapan sebelum beraktivitas, Anda bisa segera mencoba untuk mengubah kebiasaan tersebut. Dengan mengutamakan pentingnya sarapan, Anda akan merasa lebih baik sepanjang hari dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat. Namun begitu perlu diingat, porsi sarapan juga sebaiknya tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut dan mengganggu aktivitas fisik Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 
 

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Like FP AnakGapteg yah.. Thanks...