class="tr_bq"> class="tr_bq"> Kepak Sayap Garuda Ungguli Cakar Harimau Malaya | Anak Gapteg

Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Kepak Sayap Garuda Ungguli Cakar Harimau Malaya

www.anakgapteg.blogspot.com

AnakGapteg : Dua tim bebuyutan tim nasional (timnas) Indonesia dan Malaysia, ditakdirkan kembali bentrok untuk memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF 2012. Dalam tujuh pertemuan kedua tim di Piala AFF sejak tahun 1996, Skuad Garuda memiliki rekor lebih baik.

Persaingan sengit antara Indonesia dan Malaysia, memang sudah terjadi sejak lama. Dua negara serumpun ini pun, terus menunjukan prestasi dari masing-masing tim. Dalam tujuh laga yang dimainkan keduanya sejak Piala Tiger hingga kini berganti Piala AFF, Indonesia unggul dengan memenangi empat pertandingan, sementara Malaysia tiga laga.

Adapun persaingan paling sengit antara keduanya di Piala AFF, terjadi di tahun 2010 silam. Saat itu, Indonesia yang menjadi  salah satu tim tuan rumah, mampu menggasak Harimau Malaya, jukukan timnas Malaysia di fase grup dengan skor telak, 5-1. Akan tetapi keberhasilan tersebut pada akhirnya tidak memberikan apa-apa saat timnas Garuda dipaksa menyerah di partai puncak.

Ya, drama menyedihkan dirasakan timnas Garuda yang kala itu masih diasuh Alfred Riedl. Bertemu Malaysia di partai puncak, Firman Utina dkk dipaksa menyerah tiga gol tanpa balas oleh Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada leg pertama. Malaysia pun berhasil juara untuk kali pertama di Piala AFF, setelah timnas Garuda hanya mampu menang 2-1 pada leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Untuk memastikan langkah lolos dari persaingan Grup B, timnas Indonesia sebenarnya mendapatkan kesempatan lebih mudah dari pada Malaysia. Irfan Bachdim dkk sudah bisa memastikan langkah ke babak selanjutnya, minimal dengan bermain imbang. Sedangkan Malaysia, kemenangan jadi wajib hukumnya.

“Saya tidak pernah sedikit pun berpikir, untuk hanya bermain imbang dengan Malaysia. Karena kami hanya akan berusaha untuk mendapatkan kemenangan,” ungkap pelatih timnas Indonesia, Nilmaizar di Palace of Golden Horses Hotel, Kuala Lumpur, kemarin.

Dalam klasemen sementara Grup B, timnas Garuda menduduki peringkat pertama dengan koleksi empat poin. Hasil tersebut didapat, setelah ditahan Laos 2-2, Minggu (25/11), dan menang tipis 1-0 dari Singapura, Rabu (28/11). Adapun Malaysia memiliki poin yang sama dengan Singapura dengan koleksi tiga angka. Hasil satu kali kalah dan satu kali menang.

Rekor head to head Indonesia vs Malaysia di AFF:
(1996/Semifinal): Malaysia 3 - 1 Indonesia
(2002/Semifinal): Indonesia 1 - 0 Malaysia
(2004/Leg I Semifinal): Indonesia 1 -2 Malaysia
(2004/Leg II Semifinal): Malaysia 1 - 4 Indonesia
(2010/Fase Grup): Indonesia 5 - 1 Malaysia
(2010/Leg I Final): Malaysia 3 - 0 Indonesia
(2010/Leg II Final): Indonesia 2 - 1 Malaysia 
 

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Like FP AnakGapteg yah.. Thanks...