class="tr_bq"> class="tr_bq"> Menyibak Misteri Makam Kaisar Qin Shi Huang Tue | Anak Gapteg

Pages

Jumat, 02 November 2012

Menyibak Misteri Makam Kaisar Qin Shi Huang Tue

 
Dalam sejarahnya, seni pahat memahat sudah ada sejak beratus-ratus abad dahulu. Banyak artifak-artifak seni pahat yang menjadi peninggalan bersejarah, sebut saja patung spinx di Mesir hingga patung Zeus di Olympia, Yunani.

Di Cina, ada salah satu karya terbaik seni pahat Tiongkok zaman kuno. Tempat ini masuk ke dalam daftar warisan dunia sejak tahun 1987. Tempat itu adalah Terakota Qin.

Terakota Qin adalah ribuan patung yang dipahat berbentuk prajurit dan kuda dengan ukuran yang sedikit besar dari wujud tokoh aslinya.

Rata-rata tinggi setiap patung adalah 1,8 hingga 2 meter. Menurut sejarahnya. Patung prajurit ini selesai dibuat sekitar tahun 209 hingga 210 sebelum Masehi oleh Kaisar Cina pertama, Kaisar Qin Shi Huang Di.

Pembangunannya sendiri dimulai setelah ia naik tahta para tahun 246 SM saat ia masih berusia 13 tahun. Kemudian saat ia wafat, ia pun dimakamkan di dalamnya.

Situs yang menakjubkan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh sekelompok petani Cina.

Yang membuat sekitar 8000 lebih patung ini semakin unik adalah pahatannya yang terlihat sangat hidup. Bayangkan saja, setiap patung memiliki penampilan yang saling berlainan. Baik dari segi raut wajah, bentuk pakaian, model rambut hingga persenjataan yang mereka bawa.


Setiap patung memiliki bentuk wajah dengan pakaian yang berbeda.


Prajurit dan kuda disekat menjadi tiga bagian sesuai dengan posisi terakhir sang prajurit.

Prajurit dan kuda ini disekat menjadi tiga bagian sesuai dengan posisi terakhir sang prajurit. Ruang pertama berisi pasukan aktif perwira, ruang kedua pasukan cadangan, sementara ruang ketiga berisi rumah-rumah elit 68 komandan dan perwira. Semua wajah prajurit menghadap ke arah timur untuk melindungi Qin Shi Huang.


Semua tentara menghadap ke makam Qin Shi Huang.

Tidak heran jika tehnik pembuatan patung sehebat ini menjadi sebuah tanda tanya. Apalagi patung-patung itu dibuat sejak 2000 tahun silam.

Bagian yang tak kalah menarik dari kompleks makam Kaisar Qin Shih Huang Di adalah lubang terakota. Lubang ini merupakan bangunan struktur tanah dan kayu yang menyerupai terowongan yang dalamnya 4 hingga 8 meter dari permukaan tanah. Di dalam lubang tersebut dibangun dinding yang dipasang tiang kayu, belandar dan penyangga atap, dan gelaran tikar.

Untuk mengunjungi tempat ini, biasanya anda akan dikenakan biaya masuk kurang lebih 110 yuan atau setara dengan Rp. 150 ribu. Jika anda datang langsung dari bandara Internasional Xianyang Xian, anda dapat menggunakan Airport Shuttle Saluran 2 untuk menuju ke Stasiun Kereta Api Xian. Setelah itu anda melanjutkan perjalanan dengan naik bus pariwisata no.5 (306), bus no.914, 915 dan turun di stasiun akhir.

Nah, jika anda berlibur ke cina. Tidak ada salahnya jika anda mampir sebentar untuk menyaksikan salah satu situs yang menjadi keajaiban dunia ini. 
 
Sumber :  http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=3645

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Like FP AnakGapteg yah.. Thanks...