class="tr_bq"> class="tr_bq"> 10 Macam Pemanis Alami yang Aman Dikonsumsi | Anak Gapteg

Pages

Kamis, 01 November 2012

10 Macam Pemanis Alami yang Aman Dikonsumsi


MESKI makanan manis nikmat dikonsumsi, hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, salah satunya penyakit diabetes.

Namun, ada beberapa alternatif yang bagus untuk memuaskan keinginan melahap makanan manis tanpa harus takut risikonya bagi kesehatan. Seperti yang dikutip dari Healthmeup, berikut di antaranya.

1. Madu. Pilihan yang satu ini adalah cara klasik yang digunakan untuk mengganti rasa manis dari gula. Selain kalorinya lebih sedikit dari gula, kelebihan lainnya adalah rasanya lebih manis. Madu juga menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti antibakteri dan juga limpahan vitamin C.

2. Sirup beras merah. Beberapa tahun terakhir, penggunaan sirup beras merah makin populer, terutama untuk makanan kesehatan maupun hanya sekedar camilan. Beras merah sendiri mengandung serat, mengan, niasin, kalsium, dan juga vitamin B.

3. Gula aren. Gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu sebesar 35, sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. Proses pembuatan gula aren umumya lebih alami sehingga zat-zat tertentu yang terkandung di dalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh.

4. Agave. Tanaman asli pegunungan Los Altos, Meksiko ini merupakan bahan dasar pembuatan minuman Tequila dan rasanya lebih manis dari gula.

5. Blackstap molasses. Merupakan sirup yang dihasilkan dari rebusan sari tebu sebanyak 3 kali perebusan. Sirup ini memiliki rasa manis yang kuat dan juga menyehatkan. Biasa digunakan dalam campuran oatmeal.

6. Stevia. Jenis tanaman ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau cairan dan manisnya bisa sampai 300 kali lebih manis dari gula. Pemanis alami seperti Stevia ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah tubuh ke setinggi gula tebu.

7. Buah. Bukan hanya menyegarkan, beberapa buah di antaranya bisa menghasilkan rasa manis alami loh. Sebut saja sari apel atau ceri.

8. Barley malt syrup. Merupakan sirup yang dihasilkan dari gandum murni.

9. Maltosa. Terbuat dari tepung biji-bijian seperti beras. Proses pembuatannya dimasak dan kemudian difermentasi hingga menjadi bentuk gula kristal maupun sirup.

10. Sirup kurma. Makanan khas bulan puasa ini memberikan rasa manis yang alami. Mengandung serat, potasium, dan juga beragam vitamin.

Sumber :

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Like FP AnakGapteg yah.. Thanks...